Sejarah adanya Reklame di Dunia Advertising

Sejarah adanya Reklame di Dunia Advertising

Reclomos adalah asal kata dari reklame, terdiri dua suku kata yaitu “Re” yang artinya “ulang”, dan “Clomos” artinya ialah teriakan atau panggilan. Jadi keutuhan semua kata reklame ialah panggilan yang berulang-ulang

“tiga seribu..tiga seribu..tiga seribu” hehe..

Reklame mejadi sangat populer sebagai media promosi karena efektif untuk mempromosikan barang dan jasa. Brand bisnis atu usaha kamu jadi sangat mudah dikenal masyarakat banyak.

Ada beraneka ragam jenis reklame yang ada dipasaran, dan semuanya sama-sama menginformasikan kepada masyarakat atau calon konsumen tentang barang dan jasa yang kamu tawarkan. Mengarahkan calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis kamu.

Bentuk dan Ragam Jenis Reklame

adapun ragam bentuk reklame dapat berupa :

  1. Billboard atau yang dikenal dengan Baliho, yaitu reklame berukuran besar yang bahan materialnya biasanya dari alumunium dan plat besi.
  2. Booklet, ini adalah jenis reklame berbentuk lembaran kertas yang dapat dilipat, isinya tentang informasi produk dan jasa bisnis kamu.
  3. Logo, ini adalah reklame berbentuk sebuah gambar ikon, simbol atupun tulisan serta warna yang memiliki arti tertentu yang menggambarkan identitas bisnis kamu.
  4. Poster,ialah reklame yang berupa gambar yang isinya pengumuman dan iklan, biasanya dipasang di tempat-tempat yang strategis seperti di Mall, Kantor pelayanan, Halte dan lain sebagainya, bertujuan agar terlihat jelas ke banyak orang.
  5. Papan nama, isi reklame yang satu ini terbuat dari papan dan isinya ialah informasi suatu perusahaan atau usaha.
  6. Spanduk, nah..inilah salah satu reklame yang sering dipakai masyarakat untuk menyampaikan iklan suatu produk dan informasi. Bahan spanduk yang ada dipasaran biasanya dari bahan vinil dan kain.
  7. Neonbox, reklame ini hampir sama dengan papan nama namun dimodifikasi berbentuk kotak dan memakai lampu neon didalamnya agar lebih menarik dilihat oleh orang banyak.

Berbagai jenis Reklame tersebut diatas banyak diterapkan di jalan raya. Salah satu yang paling sering diterapkan di jalan-jalan protokol adalah billboard advertising.

Saya yakin kamu pasti sering melihat papan reklame berukuran besar terpampang di jalan raya yang menarik perhatian orang banyak, itulah yang dikenal masyarakat sebagai billboard.

Billboarad advertising adalah jenis reklame outdoor (diluar ruang) bertujuan untuk menyampaikan iklan atau informasi secara tepat dan mudah sampai ke pembacanya dengan cepat. Untuk hal itu pembuatannya juga tidak mudah, karena butuh skill desain yang ahli.

Media promosi satu ini pesann yang disampaikannya harus dapat mudah di ingat dan dibaca dengan cepat oleh masyarakat atau calon konsumen. Pesan yang mudah sampai ke calon konsumen, akan meningkatkan omzet penjualan produk atau jasa dari suatu bisnis.

Dibutuhkan kreativitas yang sangat tinggi untuk membuat sebuah billboard. Mulai dari pemilihan harmonisasi warna, font, perangkaian kata-kata, ukuran dan strategi tempat pemasangannya. Sebagai contoh penempatan iklan film “the Day After Tommorow”, tempat pemasangan billboardnya di laut. Tentunya ini akan menjadi menarik dan unik serta rasa penasaran bagi orang yang melihatnya.

Fungsi periklanan bukan saja untuk menjual produk dan jasa saja, namun juga dapat sebagai pengganti fungsi tradisional dari seni dan agama.

Sebagai fungsi Branding ialah salah satu fungsi dari billboard itu sendiri. Audience yang ditargetkan adalah orang yang sering berada di jalan daripada duduk di depan tv untuk melihat iklan. Tipe ini berusia remaja masih bersekolah ada juga yang dewasa sudah bekerja.

Kilas balik sejarah billboard yang awal mulanya hanya terbuat dari papan berisi tulisan dan gambar secara manual saja. Pembuatanya masih sederhana secara manual belum menggunakan mesin digital seperti masa ini. Dengan kecepatan teknologi berkembang saat ini, billboard menjadi banyak peminatnya.

Sentuhan kreatif bentuk gambar 3D pada billboard membuat gambar seperti nyata. Apresiasi dari pembaca yang tersenyum karena tertarik melihatnya menjadikan komunikasi dua arah secara sadar.

Jadi dapat disimpulkan fungsi dan peran dari billboard sudah cukup menarik minat konsumen yang bertipe sering mobile, mereka dapat menikmati iklan dari bentuk yang berbeda.

Butuh jasa reklame untuk branding bisnis atau usaha kamu?
Seperti pembuatan Billboard, Sticker Branding, huruf timbul, neon flex, neon box, kostum akrilik dan lainya
bisa lansung klik logo wa kami dibawah ini ya..