Pengertian Stiker Branding dan Fungsinya dalam Pemasaran

Pengertian Stiker Branding dan Fungsinya dalam Pemasaran

Pengertian Stiker

Stiker ialah sebagai alat promosi berbentuk serupa dengan label, pada permukaan belakangnya terdapat perekat guna dapat dengan mudah direkatkan dimanapun yang anda inginkan. Namun penempatannya haruslah sesuai peraturan dan Undang-undang yang berlaku.

Konon, stiker sudah digunakan pada jaman mesir kuno yang bentuk berbeda dengan jaman sekarang. Pada jaman itu stiker digunakan untuk menginformasikan harga di suatu komoditas pasar, dan diganti setiap harinya.

Muncullah stiker semi modern yang disebut perangko, pertama kali muncul pada tahun 1839 dibuat oleh Sir Rowland Hill. Perangko menggunakan lapisan perekat atau adhesive pada bagian belakangnya.

Sedangkan stiker digunakan untuk keperluan marketing dan promosi menggunakan stiker label. Dan ini telah ada di Eropa sejak tahun 1880. Stiker jenis ini terdapat gum paste pada bagian belakangnya yang berfungsi sebagai perekatnya. Memiliki beraneka ragam warna dan biasanya ditempelkan di buah-buahan agar terlihat menarik saat menjualnya.

Pada zaman modern saat ini stiker terdapat berbagai jenis, yang membedakannya ialah bahan pembuat stiker, antara lain : Stiker dari kertas HVS, bahan vinyl, Foil, Kromo, One way, Scotchlite

Fungsi Stiker

  • Sebagai Media Promosi yang Hemat

Saat anda berencana merancang strategi pemasaran, hal pertama yang anda pertimbangkan ialah biaya pemasarannya. Anda harus pandai dalam memilih alat sebagai media promosi.

Memilih stiker sebagai media promosi adalah cara yang tepat untuk menghemat biaya, karena bila membandingkan harga produksinya stiker branding lebih murah dibandingkan dengan iklan di TV, iklan di Google bahkan flayer dan brosur.

Anda dapat melakukan uji coba untuk mengetahui apakah produk anda dapat diterima baik oleh calon konsumen atau pelanggan, dengan cara memproduksi stiker dengan jumlah yang sedikit di awal.

  • Sebagai media pemberi informasi

Salah satu cara menyampaikan informasi kepada calon pelanggan anda ialah dengan menggunakan stiker branding. Stiker dapat menekankan informasi utama dari yang akan memungkinkan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang anda jual.

Informasi utama seperti harga, detail kontak , detail produk serta layanan semua ini dapat di tekankan kedalam desain stiker.

  • Stiker sebagai pelengkap perangkat promosi lainnya

Selain sebagi media informasi, stiker juga berfungsi sebagai pelengkap dari perangkat promosi lain seperti brosur, flyer, company profile souvenir dan lainya, yang biasanya dibagi-bagikan kepada calon pelanggan anda dalam bentuk goodie bag.

  • Sebagai Call to Action

Konsumen akan segera bergerak membeli suatu produk bila ada stiker yang mengundang mereka untuk segera memakai produk atau jasa yang anda tawarkan. Misalnya stiker dengan kata-kata ” Diskon 70+30 % “, atau ” Khusus hari ini saja semua produk diskon 90% ” dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dan fungsi dari stiker sebgai media branding. Fungsi stiker dalam kegiatan strategi pemasaran sangat masih layak anda gunakan untuk membantu mempromosikan produk dan jasa usaha anda. Promosi dengan stiker merupakan pilihan strategi yang hemat namun efektif dalam mencapai target omzet yang anda inginkan.

Jika anda berminat mempromosikan produk atau jasa usaha anda denga stiker branding, silahkan konsultasikan kepada kami Woowprint, kami adalah partner anda yang tepata dalam media periklanan.